Visi
“Religius, Berprestasi, Kompetitif, Berwawasan Global, dan Ramah Anak”
Indikator Visi
Relegius
- Memiliki keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari
- Memiliki sikap dan akhlak yang mulia (akhlakul karimah)
Berprestasi
- Berprestasi dibidang akademik dan non akademik baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional
Kompetitif
- Memiliki kemampuan mengakses ilmu pengetahuan melalui teknologi informasi (digital)
- Memiliki kemampuan berbahasa asing ( Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
- Memiliki kemampuan menghasilkan karya (produk) yang bernilai jual
- Memiliki kemampuan wira usaha
Berwawasan Global
- Menguasai teknologi menyongsong revolusi 4.0 dan 5.0
Ramah Anak
- Memberi layanan pendidikan bagi semua peserta didik tanpa deskriminasi, tanpa kekerasan, dan tanpa perbedaan
- Menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif untuk belajar
Misi
- Menanamkan nilai keimanan dan ketakwaan serta berakhlak mulia melalui pembiasaan diri dalam pengamalan ajaran Islam Ahlussunnah wal jamaah.
- Meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an pada kelas tahfidz dan jus 30, surat Yasin, Al Waqi’ah, serta Al Mulk bagi seluruh peserta didik
- Meningkatkan kemampuan membaca kitab Takrib terutama bagi peserta didik kelas 9
- Mengoptimalkan potensi akademik melalui proses pembelajaran, bimbingan belajar dan ekstrakurikuler secara efektif yang didasarkan IMTAQ dan IMTEK.
- Melaksanakan pembelajaran yang berbasis IT dengan pendekatan konstektual/PAIKEM
- Membudayakan komunikasi menggunakan bahasa asing (Arab dan Inggris)
- Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahakan, pembinaan life skill dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan
- Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan dan mutakhir mengikuti perkembangan IPTEK
- Melakukan berbagai kegiatan berperilaku bersih, sehat, indah, dalam kehidupan sehari-hari dengan sarana prasarana yang ramah lingkungan dan ramah anak
- Memberi layanan pendidikan bagi semua peserta didik tanpa diskriminasi, tanpa kekerasan dan tanpa perbedaan
Program Strategis
-
- Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
- Pengembangan proses pembelajaran.
- Pengembangan standar kompetensi kelulusan.
- Pengembangan peningkatan SDM.
- Pengembangan sarana prasarana dan media pendidikan.
- Pengembangan manajemen sekolah.
- Pengembangan sistem penilaian.
- Pengembangan kegiatan ektra kurikuler.
Target Madrasah
No | Sasaran Strategis | Pencapaian Target | Upaya Yang Dilakukan | |
1.
|
Meningkatnya mutu kelulusan | Hafalan Juz Amma, QS. Yasin QS. Waqiah, QS. Al-Mulk | 80 % | Melalui mulok ubudiyah |
Kemampuan mem baca kitab Taqrib | 30% | Melalui mulok BMK | ||
Kemampuan mempraktekkan ibadah sehari-hari bebasis pesantren Qomaruddin | 100 % | Melalui pembiasaan apel pagi, membaca asmaul khusnah, sholat dhuha, khotmil Qur’an, sholat dhuhur berja maah, ber salaman dengan Bapak guru | ||
Jumlah siswa mengi kuti paham keagama an yang dikembang kan pondok pesan tren Qomaruddin | 100 % | Menerapkan metode doktrinasi dan melaksanaan pembiasaan nilai-nilai kepesantrenan | ||
Siswa peduli lingkung an dan berakhlakul karimah | 100 % | Pembiasaan melaksanakan piket dan prilaku sopan santun | ||
Jumlah lulusan melanjutkan studi ke MA, SMA, SMK Assa’adah | 90% | Mempromosikan sencara inten sejak awal | ||
Nilai kepribadian siswa sekurang-ku rangnya kategori amat baik | 90% | Pembinaan kepribadian secara inten melibatkan semua stakeholders | ||
Siswa menerapkan tata krama pergaulan antar jenis, dan beda jenis sesuai dengan tata krama pesantren | 90 % | Melarang bersalaman dg ibu guru. | ||
Jumlah siswa berkemampuan mengeskpresikan minat dan bakat | 90 % | Meningkatkan keikutsetaan siswa mengikuti ekstra kurikuler sesuai minat dan bakat | ||
Jumlah siswa berkomunikasi dengan bahasa Jawa kromo (boso) | 85 % | Menetapkan 2 hari dalam 1 minggu, siswa wajib berkomunikasi dg warga sekolah berbahasa jawa. | ||
Jumlah siswa mampu berkomuni kasi bhs. Arab | 40 % | Menetapkan 2 hari dalam 1 minggu, siswa wajib berkomunikasi dg warga sekolah berbahasa Arab. | ||
Jumlah siswa mampu berkomuni kasi bhs. Inggris | 50% | Menetapkan 2 hari dalam 1 minggu, siswa wajib berkomunikasi dg warga sekolah berbahasa Inggris. | ||
Jumlah siswa mengikuti kelas tahfidz hafal 6 Juz | 90 % | Meningkatkan pembinaan | ||
2. | Meningkatnya kualitas proses pengelolaan | 1. Pembelajaran berbasis TI | 90 % | Melatih dewan guru secara inten |
2.Tidak ada jam efektif terganggu 0 persen | 95 % | Mengefektifkan guru piket | ||
3. Pelaksanaan program literasi | 85 % | Membuat tim literasi, membuat jadwal GLM | ||
3. | Meningkatnya akuntabilitas layanan pendidikan | Laporan akuntabi litas kinerja tersusun tepat waktu | 100% | Melaksanaan pembinaan secara inten |
4. | Meningkatnya keterlibatan Stake holder pendidikan |
|
95 % | Meningkatkan fungsi dan peran komite. |
2. Jumlah belanja barang kebutuhan sekolah di Toko YPPQ | 95 % | Selalu memotivasi guru dan karyawan untuk belanja kebutuah ke toko YPPQ | ||
3. Keterlibatan wali murid dalam pembi naan ekstra kurikuler | 35 % | Memanfaatkan wali murid utuk membina ektra siswa | ||
4. Pagu siswa baru | 95 % | Meningkatkan mutu, promosi | ||
5. | Meningkatkan penyediaan sarpras | 1. Menambah RKB | 1 | Memebuat proposal |
2. Menambah RBL | 1 | Memebuat proposal |