Visi

“Religius, Berprestasi, Kompetitif, Berwawasan Global, dan Ramah Anak”

Indikator Visi

Relegius

  • Memiliki keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari
  • Memiliki sikap dan akhlak yang mulia (akhlakul karimah)

Berprestasi

  • Berprestasi dibidang akademik dan non akademik baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional

Kompetitif

  • Memiliki kemampuan mengakses ilmu pengetahuan melalui teknologi informasi (digital)
  • Memiliki kemampuan berbahasa asing ( Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
  • Memiliki kemampuan menghasilkan karya (produk) yang bernilai jual
  • Memiliki kemampuan wira usaha

Berwawasan Global

  • Menguasai teknologi menyongsong revolusi 4.0 dan 5.0

Ramah Anak

  • Memberi layanan pendidikan bagi semua peserta didik tanpa deskriminasi, tanpa kekerasan, dan tanpa perbedaan
  • Menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif untuk belajar

Misi


  1. Menanamkan nilai keimanan dan ketakwaan serta berakhlak mulia melalui pembiasaan diri dalam pengamalan ajaran Islam Ahlussunnah wal jamaah.
  2. Meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an pada kelas tahfidz dan jus 30, surat Yasin, Al Waqi’ah, serta Al Mulk bagi seluruh peserta didik
  3. Meningkatkan kemampuan membaca kitab Takrib terutama bagi peserta didik kelas 9
  4. Mengoptimalkan potensi akademik melalui proses pembelajaran, bimbingan belajar dan ekstrakurikuler secara efektif yang didasarkan IMTAQ dan IMTEK.
  5. Melaksanakan pembelajaran yang berbasis IT dengan pendekatan konstektual/PAIKEM
  6. Membudayakan komunikasi menggunakan bahasa asing (Arab dan Inggris)
  7. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahakan, pembinaan life skill dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan
  8. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan dan mutakhir  mengikuti perkembangan IPTEK
  9. Melakukan berbagai kegiatan berperilaku bersih, sehat, indah, dalam kehidupan sehari-hari dengan sarana prasarana yang ramah lingkungan dan ramah anak
  10. Memberi layanan pendidikan bagi semua peserta didik tanpa diskriminasi, tanpa kekerasan dan tanpa perbedaan

Program Strategis


    1. Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
    2. Pengembangan proses pembelajaran.
    3. Pengembangan standar kompetensi kelulusan.
    4. Pengembangan peningkatan SDM.
    5. Pengembangan sarana prasarana dan media pendidikan.
    6. Pengembangan manajemen sekolah.
    7. Pengembangan sistem penilaian.
    8. Pengembangan kegiatan ektra kurikuler.

Target Madrasah


No Sasaran Strategis Pencapaian Target Upaya Yang Dilakukan
1.

 

 

Meningkatnya mutu kelulusan Hafalan Juz Amma, QS. Yasin QS. Waqiah, QS.  Al-Mulk 80 % Melalui mulok ubudiyah
Kemampuan mem baca kitab Taqrib 30% Melalui mulok BMK
Kemampuan mempraktekkan ibadah sehari-hari bebasis pesantren Qomaruddin 100 % Melalui pembiasaan apel pagi, membaca asmaul khusnah, sholat dhuha, khotmil Qur’an, sholat dhuhur berja maah, ber salaman dengan Bapak guru
Jumlah siswa mengi kuti paham keagama an yang dikembang kan pondok pesan tren Qomaruddin 100 % Menerapkan metode doktrinasi dan melaksanaan pembiasaan nilai-nilai kepesantrenan
Siswa peduli lingkung an dan berakhlakul karimah 100 % Pembiasaan melaksanakan piket dan prilaku sopan santun
Jumlah lulusan melanjutkan studi ke MA, SMA, SMK Assa’adah 90% Mempromosikan sencara inten sejak awal
Nilai kepribadian siswa sekurang-ku rangnya kategori amat baik 90% Pembinaan kepribadian secara inten melibatkan semua stakeholders
Siswa menerapkan tata krama pergaulan antar jenis, dan beda jenis sesuai dengan tata krama pesantren 90 % Melarang bersalaman dg ibu guru.
Jumlah siswa berkemampuan mengeskpresikan minat dan bakat 90 % Meningkatkan keikutsetaan siswa mengikuti ekstra kurikuler sesuai minat dan bakat
Jumlah siswa berkomunikasi dengan bahasa Jawa kromo (boso) 85 % Menetapkan 2 hari dalam 1 minggu, siswa wajib berkomunikasi dg warga sekolah berbahasa jawa.
Jumlah siswa mampu berkomuni kasi bhs. Arab 40 % Menetapkan 2 hari dalam 1 minggu, siswa wajib berkomunikasi dg warga sekolah berbahasa Arab.
Jumlah siswa mampu berkomuni kasi bhs. Inggris 50% Menetapkan 2 hari dalam 1 minggu, siswa wajib berkomunikasi dg warga sekolah berbahasa Inggris.
Jumlah siswa mengikuti kelas tahfidz hafal 6 Juz 90 % Meningkatkan pembinaan
2. Meningkatnya kualitas proses pengelolaan 1. Pembelajaran berbasis TI 90 % Melatih dewan guru secara inten
2.Tidak ada jam efektif terganggu 0 persen 95 % Mengefektifkan guru piket
3. Pelaksanaan program literasi 85 % Membuat tim literasi, membuat jadwal GLM
3. Meningkatnya akuntabilitas layanan pendidikan Laporan akuntabi litas kinerja tersusun tepat waktu 100% Melaksanaan pembinaan secara inten
4. Meningkatnya keterlibatan Stake holder  pendidikan
  1. Terbentuk komite sekolah sesuai dg Permendikbud 75/2016
95 % Meningkatkan fungsi dan peran komite.
2. Jumlah belanja barang kebutuhan sekolah di Toko YPPQ 95 % Selalu memotivasi guru dan karyawan untuk belanja kebutuah ke toko YPPQ
3. Keterlibatan wali murid dalam pembi naan ekstra kurikuler 35 % Memanfaatkan wali murid utuk membina ektra siswa
4. Pagu siswa baru 95 % Meningkatkan mutu, promosi
5. Meningkatkan penyediaan sarpras 1.  Menambah RKB 1 Memebuat proposal
2.  Menambah RBL 1 Memebuat proposal