MTs Assaadah 1 Menuju Sekolah Ramah Anak

Bungah, 12 September 2022

Bungah-MTs.1News;
Sekolah Ramah Anak menjadi sebuah komitmen penting dalam upaya menyelamatkan hidup anak. Di Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) ada keharusan bagi satuan pendidikan untuk konsisten mengembangkan bakat, minat, hingga kemampuan siswa. Di sisi yang sama, siswa saat di sekolah juga diajak untuk meningkatkan derajat tanggung jawab, bertoleransi, saling menghormati, hingga cinta damai.

Sekolah Ramah Anak merupakan suatu bentuk kerjasama menyeluruh secara lintas kementerian. Banyak lembaga yang terlibat mulai dari Bappenas, Kemendagri, Kemenko PMK, Kemendikbud, Kemenag, Kemen PPPA, Kemensos, Kemenkes, hingga KPAI. Ada 6 komponen utama SRA antara lain: Kebijakan, Pendidik dan tenaga kependidikan yang terlatih, Pembelajaran menyenangkan dan Ramah Anak Tanpa hukuman dan sangsi, Sarana ramah anak, Partisipasi anak, serta Partisipasi orang tua, dunia usaha, alumni, LM.

Rencana Tindak Lanjut Sekolah Ramah Anak (SRA)
ADA 6 KOMPONEN SRA:
1. Kebijakan
Rencana program:
• Mewujudkan kawasan tanpa rokok
• Menjamin hak anak dalam meningkatkan kualitas ibadah di sekolah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing

Strategi Pelaksanaan:
• Menempelkan poster larangan merokok
• Menyarankan agar guru atau tamu yang ingin merokok untuk tidak berada di lingkungan sekolah
• Rutin melaksanakan sholat dhuha dan kegiatan keagamaan jumat di sekolah

Sasaran:
• Rekan Guru
• Tamu sekolah
• Orangtua siswa
• Siswa

Target:
• Kawasan sekolah bebas asap rokok
• Melahirkan generasi penerus bangsa yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia

Jejaring Kerjasama:
• Kepala sekolah
• Sesama rekan guru
• Orangtua
• Komite sekolah
• Puskesmas
• Guru
• Siswa
• Orangtua

Penanggungjawab:
• Kepala Sekolah
• Petugas UKS
• Guru PAI

Keterangan (Waktu, dll):
• Tidak terbatas
• Sholat Dhuha dilaksanakan setiap hari
• Kegiatan keagamaan lain di hari Jumat Legi dan Insidental

2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terlatih KHA
Rencana program:
• Sekolah hijau
• Kantin Kejujuran
• Strategi Pelaksanaan:
• Menanam bunga
• Apotik hidup
• Memajang harga jajanan secara tertulis

Sasaran:
• Siswa

Target:
• 100 Bunga untuk sekolah
• Siswa antikorupsi

Jejaring Kerjasama:
• Kepala sekolah
• Guru kelas
• Guru
• siswa

Penanggungjawab:
• Guru (Ditentukan kemudian)

Keterangan (Waktu, dll):
• Saat belajar tatap muka sudah efektif
• Seminggu sekali, tepatnya di hari Jumat

3. Pembelajaran Menyenangkan dan Ramah Anak. Tanpa Hukuman dan Sangsi
Rencana program:
• Mengajar yang menyenangkan
• Ruang kelas yang nyaman
• Pembelajaran di mana saja dan kapan saja

Strategi Pelaksanaan:
• Variasi Metode Mengajar Guru
• Variasi penataan ruang kelas
• Adaptasi teknologi dan media belajar online

Sasaran:
• Siswa

Target:
• Suasana kelas yang menyenangkan
• Menghadirkan suasana belajar yang berbeda
• Efektivitas dan efisiensi

Jejaring Kerjasama:
• Guru
• Wali kelas
• Siswa

Penanggungjawab:
• Guru

Keterangan (Waktu, dll):
• Setiap kali mengajar

4. Sarana Ramah Anak
Rencana program:
• Toilet bersih
• Membuat jalur evakuasi

Strategi Pelaksanaan:
• Piket rutin dan sosialisasi kebersihan toilet
• Mengajak siswa membuat papan nama jalur evakuasi

Sasaran:
• Siswa
• Guru

Target:
• Toilet bersih setiap hari
• Ada papan nama jalur evakuasi serta titik kumpul

Jejaring Kerjasama:
• Guru
• Siswa
• Orang tua

Penanggungjawab:
• Guru piket

Keterangan (Waktu, dll):
• Setiap hari masuk sekolah
• Saat pembelajaran tatap muka sudah efektif

5. Partisipasi Anak
Rencana program:
• Komunitas Anak Cinta Baca di taman Sekolah

Strategi Pelaksanaan:
• Membentuk komunitas literasi siswa

Sasaran:
• Siswa

Target:
• Meningkatkan kecintaan membaca

Jejaring Kerjasama:
• Guru Kelas
• Siswa

Penanggungjawab:
• Guru (Ditentukan kemudian)

Keterangan (Waktu, dll):
• Dua hari sekali pada jam istirahat ke dua di taman sekolah

6. Partisipasi Orang Tua, Dunia Usaha, Alumni, LM
Rencana program:
• Siswa peduli sekolah dan desa
• pembinaan pendidikan keluarga dalam bentuk Obrolan Pendidikan Ramah Anak (OPeRA)

Strategi Pelaksanaan:
• Menghadirkan pejabat desa untuk sosialisasi tentang kepedulian terhadap sekolah dan desa
• Membentuk Grup media sosial

Sasaran:
• Siswa
• Orang Tua
• Guru

Target:
• Sekolah aman

Jejaring Kerjasama:
• Guru
• Siswa
• Orangtua
• Pejabat desa setempat

Penanggungjawab:
• Kepala sekolah

Keterangan (Waktu, dll):
• Sebulan sekali
**(A6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *