SEMANGAT MTs. ASSAADAH I MENYONGSONG ERA DIGITALISASI

BUNGAH-MTs.1News,-
Perkembangan teknologi menuntut semua aspek berubah drastis mengikuti perubahan. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Di era serba digital, MTs. Assaadah I, Sampurnan, Bungah, Gresik, mulai berbenah menjadi madrasah digital, baik meliputi teknis pembelajaran atau pun pelayanan administrasinya. Tentunya semua ini harus dipersiapkan dengan matang.

Berbagai fasilitas pendukung program digitalisasi madrasah mulai gencar dilakukan. Pembenahan fasilitas lab komputer salah satunya, menjadi target penting harus segera diwujudkan.

Program pembelajaran berbasis online bagi siswa dan pelatihan mengajar untuk para guru berbasis digital juga menjadi dasar kuat bagi MTs. Assaadah I, mulai membenahi fasilitas pendukungnya.

Kepala MTs. Assaadah I, Choirul Anam, S Pd. sangat antusias ketika diajak berdiskusi mengenai perlunya penambahan unit komputer dan perbaikan fasilitas ruangan lab komputer, sehingga menjadi ruangan yang nyaman bagi anak-anak belajar IT nantinya.

“Perbaikan lab komputer harus segera direalisasikan untuk target program khusus kelas IT/IINFORMATIKA bagi para siswa kedepannya,” tutur Choirul Anam.

Sementara itu, WAKAHUMAS MTs Assaadah I, Ahmad Hadi, S.Kom
menegaskan, penambahan unit komputer baru juga sangat diperlukan untuk persiapan pelaksanaan berbagai asesmen nasional yang berbasis komputer baik bagi para siswa atau pun guru.

Hingga saat ini dua ruang lab komputer yang dimiliki MTs. Assaadah I, salah satunya telah siap digunakan berjumlah 40 unit komputer. Sedangkan lab komputer kedua saat ini masih sedang dalam tahap proses renovasi dan siap digunakan dalam waktu dekat.

Dengan adanya fasilitas dua ruangan lab komputer tersebut nantinya bisa digunakan sebagai kelas IT.

“Harapan kami sebagai pengajar INFORMATIKA, dengan pembaruan fasilitas ruang lab komputer yang nyaman akan menambah minat para siswa MTs. Assaadah I dan lebih bersemangat belajar IT,” papar Ahmad Hadi.

Ahmad Hadi menambahkan, dengan semakin banyaknya siswa yang mau belajar IT, sehingga MTs. Assaadah I mampu mencetak generasi handal, tidak hanya berAKHLAK santun dengan belajar banyak ilmu agama kepesantrenan, tapi juga mahir dalam dunia IT. Sekarang MTs. Assaadah I memproklamirkan diri menjadi madrasah digital.**(WN)

Satu Komentar pada “SEMANGAT MTs. ASSAADAH I MENYONGSONG ERA DIGITALISASI”

  1. Perangkat yang disediakan oleh MadrasahPada penyelenggaraan madrasah digital, madrasah perlu menyediakan infrastruktur dan sarana digital yang meliputi :
    o Akses internet
    Ketersediaan akses internet pada tiap penyelenggara
    modeling sekolah digital adalah sangat vital. Internet berfungsi untuk memberikan akses belajar dan transfer informasi secara cepat kepada peserta didik dengan pengawasan pendidik.
    o Perpustakaan digital (e-library)
    Perpustakaan digital merupakan sarana yang memberikan fasilitas bahan ajar digital (ebook), video pembelajaran dan aplikasi pendukung kegiatan belajar mengajar.
    o Kelas digital
    Kelas digital adalah kelas yang mempunyai sistem kelas yang terintegrasi dengan TIK yang mencakup : Wifi, LCD, dan jejaring internet.
    o Laboratorium komputer/multimedia
    Laboratorium komputer dalam modeling madrasah digital berfungsi sebagai media untuk membuat bahan ajar digital untuk konten pembelajaran.
    ❖ Perangkat yang disediakan untuk Peserta Didik
    Peserta didik pada madrasah digital harus memiliki perangkat tablet atau smartphone, laptop atau komputer.
    ❖ Perangkat Pendukung Perangkat pendukung dalam penyelenggaraan madrasah digital adalah memiliki ruang video conference yang digunakan untuk pertemuan online (web conference) dengan madrasah lainnya. Perangkat pendukung yang
    diperlukan dalam ruang vicon meliputi : web cam, speaker PC Microphone, Display (TV LED atau LCD proyektor) dan koneksi internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *